Pengertian AM dan PM Pada Penulisan Jam (Waktu)

Pengertian AM dan PM Pada Penulisan Jam (Waktu) - Sering kali kita menemukan tulisan AM dan PM pada jam, kadang Hermanbagus pun juga bingung apa sih arti dari AM dan PM yang digunakan pada penulisan jam (waktu) dalam Bahasa Inggris ini. Ya sering rancu (bingung) arti antara AM dan PM, kadang pun juga terbalik. Pengertian AM dan PM ini bisa dibilang sederhana, tapi kalau salah ya bisa fatal. Untuk lebih jelasnya arti dari AM dan PM adalah berikut ini.

Pengertian AM dan PM Pada Penulisan Jam (Waktu) Blogger Hermanbagus

Perlu kita ketahui, AM dan PM adalah format yang dipakai untuk membedakan waktu siang dan waktu malam dalam tempo satu hari. Format AM dan PM ini biasa digunakan di Negara Amerika. Sedangkan di Indonesia menggunakan format waktu 24 jam. Yang kita tau, waktu jam menunjukkan hanya sampai angka 12, sedangkan waktu dalam sehari ada 24 jam. Nah untuk membedakan itu dibagilah menjadi 2 periode, yaitu jam 12 siang dan jam 12 malam. 

Pertama Adalah AM. - AM adalah singkatan dari ante meridiem yang artinya before noon yaitu sebelum tengah hari. Waktu A.M. ini dimulai dari jam 12.00 malam sampai dengan jam 11.59 siang atau bisa disebut sebelum tengah hari.

Yang kedua adalah P.M. - PM adalah singkatan dari post meridiem yang artinya after noon yaitu waktu setelah tengah hari. PM ini dimulai dari jam 12.00 siang sampai dengan jam 11.59 malam.

Contoh Penulisan pada Jam (Waktu) :
1. Pukul 5 pagi = 5.00 a.m.
2. Pukul 5 sore = 5.00 p.m. - Pada waktu Indonesia 17.00
3. Pukul 10 pagi = 10.00 a.m.
4. Pukul 10 malam = 10.00 p.m. - Pada waktu Indonesia 22.00

Sekian dulu Postingan Hermanbagus tentang Pengertian atau Arti dari AM dan PM Pada Penulisan Jam (Waktu). Tidak lupa Hermanbagus Ucapkan Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata. Semoga bermanfaat. Salam Blogger Hermanbagus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian AM dan PM Pada Penulisan Jam (Waktu)"

Post a Comment