Pengertian Hipnoterapi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pengertian Hipnoterapi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Disaat kita mendengar kata Hipnoterapi, pastinya yang terbayangkan adalah seseorang yang sedang dihipnotis, yang dikerjain disuruh yang aneh-aneh, misalnya berjoget, bernyanyi, manari, apalagi sampai membahas hal yang pribadi. Itulah yang sering kita lihat di acara tv, sehingga membuat kita jadi terfikirkan hal yang tidak-tidak. Kalau dimanfaatkan dengan baik, sangat banyak sisi positifnya, diantaranya untuk terapi, pengobatan, meningkatkan proses belajar, mengeluarkan uneg-uneg yang terpendam yang ada di dalam diri.

Perlu sobat ketahui, Hipnotherapi disini adalah proses terapi yang dilakukan pada seseorang dengan kondisi Hipnosis. Dan Hipnosis ini secara singkatnaya berarti "tidurnya sistem syaraf". Dan pengertian panjangnya : Hipnosis adalah kondisi fikiran dimana fungsi analitis logis pikiran direduksi sehingga memungkinkan individu masuk ke dalam kondisi bawah sadar (sub-conscious/unconscious), di mana tersimpan potensi internal yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup. Individu pada kondisi “hypnotic trance” lebih terbuka terhadap sugesti dan dapat dinetralkan dari berbagai rasa takut berlebih (phobia), trauma ataupun rasa sakit. Individu yang mengalami hipnosis ini masih dapat menyadari yang terjadi di sekitarnya berikut dengan berbagai stimulus yang diberikan oleh pemberi terapi.

Secara umum kerja hypnotherapy berhubungan dengan otak manusia. Aktivitas ini beragam pada kondisi yang diindikasikan melalui gelombang otak dan dapat diukur dengan alat bantu EEG (Electroenchepalograph).

Berikut berbagai gelombang otak disertai dengan aktivitas yang terkait:

Beta (14 – 25 Hz)(normal);
Atensi, kewaspadaan, kesigapan, pemahaman, kondisi yang lebih tinggi diasosiasikan dengan kecemasan, ketidaknyamanan, kondisi lawan/lari

Alpha (8 – 13 Hz)(meditatif);
Relaksasi, pembelajaran super, fokus relaks, kondisi trance ringan, peningkatan produksi serotonin, kondisi pra-tidur, meditasi, awal mengakses pikiran bawah sadar (unconscious)

Theta (4 – 7 Hz)(meditatif);
Tidur bermimpi (tidur REM/Rapid Eye Movement), peningkatan produksi catecholamines (sangat vital untuk pembelajaran dan ingatan), peningkatan kreatifitas, pengalaman emosional, berpotensi terjadinya perubahan sikap, peningkatan pengingatan materi yang dipelajari, hypnogogic imagery, meditasi mendalam, lebih dalam mengakses pikiran bawah sadar (unconscious)

Delta (0,5 – 3 Hz)(tidur dalam);
Tidur tanpa mimpi, pelepasan hormon pertumbuhan, kondisi non fisik, hilang kesadaran pada sensasi fisik, akses ke pikiran bawah sadar (unconscious) dan memberikan sensasi yang sangat mendalam ketika diinduksi dengan Holosinc

Kemarin pas Kakak Tingkat saya pulang kampung, kebetulan juga pas berkumpul mengadakan rapat untuk seminar, selain sharing ilmu, sekalian saja belajar ilmu Hipnoterapi. Disini tidak ada yang aneh-aneh seperti yang di tv, malah banyak manfaat positifnya, intinya dari pihak yang akan dilakukan hipnoterapi setuju, dan tidak ada penolakan. Manfaat hipnoterapi diantaranya untuk kesehatan, proses belajar, dll.

Proses Hipnoterapi

Untuk foto teman saya yang diatas itu diberikan sugesti lebih rajin belajar, lebih percaya diri, seorang mc profesional, seorang dance profesional, dan ketika bangun rasa badan jadi lebih fresh, dan sugesti yang baik lainnya..

Proses Hipnoterapi

Sedangkan untuk foto wanita yang diatas, diberikan sugesti juga untuk lebih rajin belajar, diet dengan sehat dan teratur, dan cantik secantik luna maya.

Banyak sekali Manfaat Hipnoterapi Bagi Kesehatan, jadi kalau sobat bisa, gunakan dengan baik dan jangan disalahgunakan ya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengertian Hipnoterapi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan"