Menulis yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Menulis yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
Menulis yang Bermanfaat Bagi Kesehatan - Sehat itu simple, sehat juga tidak harus dengan biaya yang mahal, sehat juga berhubungan dengan kebiasaan hidup, salah satunya dengan berolahraga teratur, khususnya setiap pagi hari, dimulai denga jalan-jalan pagi, atau hanya sekedar lari-lari kecil, yang perlu sobat hermanbagus ketahui, sehat itu mahal harganya, jadi jaga kesehatan kita dengan sebaik-baiknya, ada hal yang sebenarnya sepele tapi sering diabaikan, apakah itu? menulis, kenapa kok menulis ya? karena dengan menulis bisa dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Dari survey di dunia maya dan pengalaman Hermanbagus, ini dia beberapa manfaat menulis bagi kesehatan :

Menulis bisa menghilangkan stres
Dari berbagai sumber dan pengalaman Hermanbagus pribadi, dengan kebiasaan menulis ini dapat menghilangkan stres, itu memang benar, karena apa yang kita rasakan, apapun itu yang kita pendam, dapat tersalurkan dalam sebuah tulisan, uneg-unegnya bisa keluar, jadi kita tidak ada semacam tanggungan beban fikiran yang mengganjal dalam fikiran, dalam hati kita.

Menulis bisa menyehatkan orang lain
La kok bisa menyehatkan orang lain, tanda tanya besar??? tentu saja bisa, jangan bingung, misalnya kita menulis tentang sebuah lelucon, ketika ada seseorang yang sedang galau, gelisah, merana, jadi gegana deh gelisah galau merana hehe, membaca tulisan kita tentang lelucon, yang mulanya wajahnya cemberut, merengut, bisa tertawa, paling tidak tersenyum lah, bisa menjadi obat kan, apa bila terus-menerus galau, cemberut, bisa-bisa nafsu makan menurun, dan akhirnya menjadikan dia sakit.

Tidak hanya tentang lelucon saja, kita bisa menulis tentang tips kesehatan, atau pengalaman kita pribadi, contohnya : ketika badan saya sedang panas, saya mengkompres pada bagian kepala saya dengan air hangat, selain itu juga pada bagian leher bagian belakang, alhamdulillah setelah beberapa waktu, panas saya menurun. Ada pertanyaan? sebelum bertanya mungkin ini yang akan anda tanyakan. "kenapa air hangat? biasanya kan air dingin?". berikut penjelasannya, ketika badan kita panas, tidak boleh langsung dengan air dingin, itu bisa menyebabkan syok/kaget, dengan air hangat, dimaksudkan panas yang ada dibadan kita turun dengan bertahap, sedikit demi sedikit. jadi tidak langsung menurut drastis, itu bisa berbahaya. dan masih banyak tips-tips kesehatan lainnya yang bisa kita tulis.

Menulis juga bisa menunda terjadinya pikun (dimensia dini)
Tidak bisa dipungkiri, dengan bertambahnya usia manusia, otak mengalami proses penurunan fungsi, bisa juga dikatakan sudah tidak produktif lagi untuk mengingat hal-hal yang sudah lampau, dengan menulis bisa menunda terjadinya hal tersebut, karena ide yang kita dapatkan atau sesuatu hal entah apapun itu akan selalu tertanam di dalam otak dengan kuat.

Menulis juga dapat Meningkatkan kecerdasan.
Menulis tentu selalu berhubungan dengan membaca, dan tidak bisa dipisahkan, orang yang setiap harinya menulis bisa dikategorikan orang yang pintar, kenapa begitu? karena membaca sendiri menambah wawasan, pengalaman, ada juga yang bilang "membaca adalah jendela dunia", dengan membaca ini akan ada muncul ide, fikiran kreatif yang baru, nah itu nanti bisa dituangkan dalam sebuah tulisan, nantinya bisa memotivasi orang lain. Misalnya saja kita membaca buku tentang kesehatan mata, dan kita sendiri suka memandangi berjam-jam komputer/laptop, setelah kita membaca awal sampai akhir, maka terfikirkan, bagaimana kah cara supaya mata kita tetap sehat walaupun berjam-jam memandang komputer/laptop. Setelah itu munculah ide dan menjadi tulisan "Tips Menjaga kesehatan mata bagi yang suka berlama-lama di depan komputer". bukankah menjadi tips dan tulisan ini akhirnya yang menyehatkan bagi orang lain dan menambah wawasan baru? iya kan? iya dong hehe.

Begitulah Menulis yang Bermanfaat Bagi Kesehatan, jika ada tambahan bisa sobat tambahkan dalam kotak komentar dibawah, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Menulis yang Bermanfaat Bagi Kesehatan"

  1. Iya menulis bikin sehat
    Ingatan selalu kuat
    Harap engkau masih ingat
    Siapa aku yang berkalimat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lama juga ya tidak mampir disini dan mampir kesana? bagaimana kabarnya :)

      Delete