Cara Menulis Artikel Dengan Menggunakan Rumus 5W+1H

Cara Menulis Artikel Dengan Menggunakan Rumus 5W+1H - Sebagai Blogger tentunya menulis artikel dalam blog adalah pekerjaan kita sehari-hari, pasti pernah pada suatu hari jenuh dan tidak ada inspirasi, nah pada saat itu sobat bisa menggunakan senjata ini, senjata apakah itu? senjata dengan rumus 5W+1H, cara 5W+1H ini sering kali digunakan untuk menulis berita, menjadi suatu kewajiban menggunakan rumus 5W+1H ini untuk menulis berita, ketika kita membaca koran, atau berita, pasti tidak ketinggalan unsur 5W+1H ini, berikut ini cara menulis artikel dengan menggunakan rumus 5w+1h.

Cara Menulis Artikel Dengan Menggunakan Rumus 5W+1H


Sebelumnya apa sih 5W+1H itu? 5W+1H terdiri dari What, who, where, when, why, dan how.
Apa ya artinya gan? ini dia terjemahannya gan :

What? - Berarti - Apa?
Who? - Berarti - Siapa?
Where? - Berarti - Di mana?
When? - Berarti - Kapan?
Why? - Berarti - Kenapa?
How? - Berarti - Bagaimana?

Setelah itu bagaimana gan? begini dia cara penerapannya gan dalam cara menulis artikel dengan 5W+1H.
Pertama tentukan apa yang akan kita bahas, misalnya tentang kesehatan mata.

Apa masalahnya? - yang sedang dalam masalah disini adalah kesehatan mata.
Siapa audiensnya? - Ibu Audi yang sedang sakit mata
Di mana masalah ini terjadi? - Pada saat perjalanan Pulang kerja.
Kapan masalah ini terjadi? - Kemarin pada saat perjalanan pulang kerja.
Mengapa masalah ini terjadi? - Karena Ibu Audi tidak menutup kaca helm.
Serta Bagaimana Anda bisa mengatasi masalah ini? - Bapak/Ibu Audi mengobati matanya dengan obat tetes mata.

Diatas adalah versi singkat dari 5W+1H tentang Kesehatan Mata, kalau dibuat lebih panjang lagi bisa menjadi banyak paragraf, mau baca contohnya? berikut ini deh saya kasih contohnya.

Mata adalah alat indra yang sangat penting, dengan mata kita bisa melihat apa yang ada disekitar kita, melihat isi dan keindahan dunia ini, tapi awas jangan menggunakan mata untuk melihat yang seharusnya tidak kita lihat. kita dikaruniai mata harus dijaga dengan baik, jangan dipergunakan yang tidak seharusnya.

Pada saat sedang jalan-jalan pagi, saya melewati rumah ibu audi, kebetulan ibu audi adalah tetangga saya yang baik, saya sering dinasehati oleh beliau, kebetulan beliau seorang dosen Agama, jadi setiap bertemu saya selalu dinasehati tentang agama.

Pada suatu hari ketika saya mampir kerumah ibu audi, saya melihatnya tidak seperti biasanya, terlihat ibu audi menggunakan kacamata, daripada penasaran akhirnya kuberanikan untuk bertanya, "Kenapa ya hari ini ada yang tidak sama ya bu, tidak seperti hari hari biasanya, sekarang apa lagi musim pakai kacamata ya bu? kok ibu menggunakannya, apa ya pengen seperti anak muda zaman sekarang, dan dibilang gaul gitu hehe." ejek saya. "Ah Kamu ini bercanda melulu sukanya, mata ibu sakit, jadi ibu menggunakan kacamata ini", jawab ibu audi.

"Mata ibu audi sakit apa ya? kok sampai menggunakan kacamata?", Tanyaku. "Ini mata ibu berwarna merah, kejadiannya Kemarin siang saat perjalanan pulang", belum selesai bicara langsung aku bertanya lagi, "la kok bisa begitu bu? dimana kejadiannya? dan bagaimana ceritanya kok bisa seperti itu?", "kamu itu ibu belum selesai ngomong main tanya aja, ini tadi juga mau ngomong soal itu, ini lanjut yang tadi ya, pada saatitu ibu keburu pulang, dan pada saat perjalanan pulang ada banyak debu di jalanan, pada saat itu ibu lupa tidak menutup kaca helm, pas mau menutup kaca helm, mata ibu sudah kemasukan debu, ibu kucek mata, karena rasanya gatal, ibu tidak tahan".

Nah terus bagaimana ibu audi mengatasinya? maksudnya mengobatinya bu", "pada saat kejadian ibu tidak bawa obat tetes, karena tidak menduga kejadian ini, karena tergesa-gesa juga jadi begini, sampai rumah langsung ibu beri obat tetes mata."

Nah menjadikan sebuah pelajaran dan pengalaman buat ibu dan juga saya bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut, besok jangan dikucek ya bu matanya ketika kena debu, malah tidak baik bagi kesehatan mata ibu, kalau masih belum ada perubahan segera saja bu dibawa ke dokter yang lebih ahli supaya segera sembuh.

Nah selesei deh contohnya menulis artikel dengan menggunakan rumus 5w+1h, semoga bermanfaat dan diterapkan lebih baik lagi dari saya, amin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menulis Artikel Dengan Menggunakan Rumus 5W+1H"

Post a Comment