7 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Kita

7 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Kita7 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Kita - Sering kali kita setiap hari melaksanakan Wudhu sebelum mengerjakan sholat, apakah kita tau manfaat wudhu bagi tubuh kita, bagi kesehatan kita? kebanyakan hanya mengetahui wudhu itu untuk mensucikan diri, wajib hukumnya sebelum kita melakukan sholat, nah saya terfikirkan untuk mencari apa sih manfaat wudhu tersebut bagi kesehatan, ada banyak sekali manfaatnya, ini ada beberapa manfaat wudhu bagi kesehatan kita :

Ketika kita membasuh kedua telapak tangan : 
Membasuh kedua telapak tangan berarti membersihkan sela-sela jari, kuku, dan telapak tangan. Cuci tangan merupakan cara pencegahan dari penyakit. Selain itu membasuh telapak tangan dapat merefleksikan diri, karena ternyata terdapat beberapa titik pada telapak tangan yang bisa menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Pada telapak tangan terdapat banyak serabut syaraf, pembuluh vena, pembuluh arteri dan pembuluh limfe. Dengan menggosok pada sela-sela jari akan melancarkan peredaran darah yang mengandung makanan dan oksigen.

Saat Berkumur –kumur
Hadist riwayat Muslim dari Amru bin Yahya mengatakan bahwa, “Rosulullah Shallallohu ‘alaihi wa salam berkumur dan membersihkan hidung masing-masing dengan tiga ciduk air”.
Berkumur adalah kegiatan membersihkan rongga mulut dengan air sehingga akan menghindarkan dari penularan berbagai penyakit. Seringkali terjadi sisa-sisa makanan mengendap atau tersangkut antara sela-sela gigi, apabila tidak dibersihkan akan digunakan sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan kuman-kuman. Dengan melakukan berkumur-kumur berarti tanpa disadari kita telah mencegah pertumbuhan penyakit yang menyebabkan infeksi pada gigi dan mulut.

Disaat Istinsyaq
Istinsyaq adalah menghirup air melalui lubang hidung lalu ke rongga hidung sampei ke tenggorokan hidung (nasofaring). Berfungsi untuk membersihkan selaput dan lendir hidung yang telah tercemar oleh udara kotor dan kuman. Kita tahu bahwa selaput dan lendir hidung merupakan pertahanan pertama dalam system pernapasan kita (ISPA), jadi harus selalu menjaga kebersihannnya agar terhindar dari penyakit yang mengganggu pernapasan.

Hadist riwayat Muslim dari Abu Hurairah radhiyallohu berkata, “Rosulullah Shallallohu ‘alaihi wa salam bersabda : apabila salah seorang dari kamu berwudhu, maka hiruplah air dengan lubang hidung, kemudian hembuskanlah”.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim kedokteran Universitas Alexandria membuktikan bahwa orang yang berwudhu secara rutin, akan membuat hidung mereka bersih dari debu, bakteri dan mikroba. Lubang hidung adalah tempat yang mudah dihinggapi bakteri, virus dan mikroba.

Ketika Membasuh wajah
Dengan membasuh wajah berarti kita membersihkan wajah dari debu-debu yang mengandung kuman/ bakteri penyebab masalah kulit wajah, seperti jerawat, komedo, dll. selain itu dapat membuat wajah selalu segar setiap saat dan dapat menghilangkan rasa kantuk. Dan dapat mengurangi depresi pada wajah, membantu peremajaan kulit, serta membantu kulit untuk bernafas.

Disaat Membasuh kedua tangan
Membasuh kedua tangan dari telapak tangan sampai siku-siku berarti menghilangkan debu dan kuman yang biasanya menempel pada bagian tersebut. Selain itu bisa juga menghilangkan keringat yang menyebabkan bau badan dan menjaga kesegaran kulit agar tidak kering sehingga selalu terlihat segar dan cerah.
Menurut para pakar kesehatan, membasuh kedua tangan dapat membuang energi buruk yang ada di dalam tubuh dengan cara mengaliri air pada ujung jari. Dari telapak tangan sampai siku-siku terdapat banyak titik akupuntur yang bisa menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan dada, paru-paru, jantung, lambung, tenggorokan, dan organ-organ gerak bagian atas, serta terdapat titik yang menghilangkan rasa cemas.
Menurut para pakar ilmuwan , membasuh kedua tangan dapat membuang energi buruk yang ada di dalam tubuh melalui ujung jari yang dialiri air. Pada tangan sampai siku juga terdapat titik akupuntur yang menyembuhkan penyakit pada dada, paru-paru, tenggorokan, lambung, jantung dan organ gerak bagian atas. Titik-titik yang dapat menghilangkan rasa cemas pun terdapat pada bagian ini

Ketika Membasuh sebagian rambut
Membasuh sebagian rambut berarti mengusap sebagian kepala dengan air terutama pada ubun-ubun. Dengan mengusap sebagian kepala dapat membuat otak kita menjadi jernih dalam berpikir, mempertajam ingatan, mencegah kerontokan rambut dan terhindar dari penyakit pikun. Karena pada area tersebut terdapat titik-titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia.

Ketika Membasuh kedua telinga
Membasuh kedua telinga berarti membersihkan kedua telinga dari kotoran, debu dan kuman yang menmpel pada daun telinga dan lekukan-lekukannya. Dapat merangsang titik pendengaran dan keseimbangan. Pada telinga juga terdapat titik-titik akupuntur.

Saat Membasuh Kedua Telapak Kaki
Membasuh kedua telapak dengan memijatnya secara baik dapat membuat perasaan tenang dan nyaman. Telapak kaki merupakan cerminan kebersihan seluruh perangkat tubuh. Orang yang membasuh kaki sampai telapak kaki dengan air ini merupakan rahasia munculnya perasaan tenang dan nyaman dalam hati setiap muslim stelah berwudhu.
Wudhu yang dilakukan sebanyak lima kali dalam sehari dapat menghilangkan debu, virus, bakteri dan mikroba lainnya serta dapat mencegah terjangkitnya penyakit kanker.

Menurut Dr Ahmad Syauqy Ibrahim (peneliti bidang penderita penyakit dalam dan penyakit jantung) di London mengatakan bahwa: "Para Pakar sampai pada kesimpulan mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan pada syaraf dan otot, menormalkan detak jantung, kecemasan, dan insomnia (susah tidur)”.

Sekian 7 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Kita semoga bermanfaat :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Kita"

Post a Comment