7 Amalan Sebelum Tidur ini yang Sebaiknya Kita Amalkan

7 Amalan Sebelum Tidur ini yang Sebaiknya Kita Amalkan 
Biasanya kita kalau mau tidur ya tidur saja, mungkin karena kelelahan karena aktifitas kita dalam seharian yang banyak menguras tenaga, bisa juga karena kebiasaan, kalau mau tidur ya tidur saja, marilah kita rubah hidup ini menjadi yang lebih baik lagi, kita amalkan 7 amalan sebelum tidur ini, agar tidur kita bermanfaat dan selalu dalam lindunganNya, berikut 7 Amalan Sebelum Tidur ini yang Sebaiknya Kita Amalkan :



1. Bersiwak (Menggosok Gigi dengan Kayu Siwak)

Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu Anha bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallambersabda,“Siwak dapat membersihkan mulut dan sarana untuk mendapatkan ridha Allah.” (HR. Ahmad dan An-Nasa`i)  Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam juga bersabda, “Andaikata tidak memberatkan umatku niscaya aku memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali hendak shalat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim) Bersiwak disunnahkan setiap saat, tetapi lebih sunnah lagi saat hendak berwudhu, shalat, membaca Al-Qur`an, saat bau mulut berubah, baik saat berpuasa ataupun tidak, pagi maupun sore, saat bangun tidur, dan hendak memasuki rumah. Bersiwak merupakan perbuatan sunnah yang hampir tidak pernah dilakukan oleh banyak orang, kecuali yang mendapatkan rahmat dari Allah. Untuk itu, wahai saudaraku, belilah kayu siwak untuk dirimu dan keluargamu sehingga kalian bisa menghidupkan sunnah ini kembali dan niscaya kalian akan mendapatkan pahala yang sangat besar.

2. Sebelum Tidur marilah kita berwudhu.

Nabi SAW bersabda : “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Posisi Tidur berbaring pada sisi kanan badan.

4. Meniup kedua telapak tangan sambil membaca surat Al Ikhlash (qul huwallahu ahad), surat Al Falaq (qul a’udzu bi robbil falaq), dan surat An Naas (qul a’udzu bi robbinnaas)

5. Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur.

6. Membaca do’a sebelum tidur “Bismika allahumma ahyaa wa amuutu'' ato “Bismika allahumma amuutu wa ahyaa''

7. Membaca ZIKIR HASBUNALLAH WA NI'MAL WAKIL
Kenapa dengan dzikir ini? Kisah-kisah keutamaan Zikir Hasbunallah wani'mal wakil :

Diriwayatkan bahawa ketika Nabi Ibrahim diletakkan di atas tunku api, Jibril bertanya kepada baginda –Apakah engkau memerlukan sesuatu pertolongan dariku?’Nabi Ibrahim lantas menjawab – “Aku tidak memerlukan apa-apa pertolongan darimu. Aku hanya memerlukan pertolongan dari Allah”. “Hasbunallah wa ni’mal wakil” itulah kalimat yang dikatakan oleh Nabi Ibrahim AS ketika akan dilempar ke kobaran api. Nabi Ibrahim mempercayakan seluruh jiwa dan raganya sepenuhnya kepada Allah, maka Allah berfirman “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim”. Allah menjadikan api yang panas itu dingin seketika. Dan Ibrahim pun tidak terbakar. Demikian halnya dengan Rasulullah dan para sahabat ketika menghadapi ancaman dari pasukan kafir, mereka juga mengucapkan “Hasbunallah wa ni’mal wakil” Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung.

Semoga kita diberi kemudahan oleh Allah untuk Menjalankan 7 Amalan Sebelum Tidur ini Amin :)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "7 Amalan Sebelum Tidur ini yang Sebaiknya Kita Amalkan "

  1. Tidurnya pasti nyaman sekali ya sob, kalau mengamalkan amalan2 diatas, yang jelas terjaga tidurnya dari hal yang tidak di inginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul sob, sangat dianjurkan :)

      Delete