Manfaat batang biji daun akar kelor bagi kesehatan

Manfaat batang biji daun akar kelor bagi kesehatan - Kelor Adalah tumbuhan yang paling akrab dengan kita, mudah tumbuh, daun berukuran kecil ini bisa mencapai ketinggian 6 sampai 11 meter. Semua bagian kelor ini bisa diolah dan memiliki khasiat bagi kesehatan. Mulai dari batang, biji, daun, bahkan akar. Semuanya memiliki manfaat yang beragam, yuk kita bahas lebih lanjut Manfaat batang biji daun akar kelor bagi kesehatan.




Daun kelor mengandung asam amino esensial yang cukup lengkap. Tak berhenti sampai di situ, ternyata daun kelor juga mengandung kalsium yang cukup tinggi.

Penelitian terbaru mengungkap fakta bahwa justru kelor lah yang juara dalam hal jumlah kandungan vitamin A dan C. Vitamin A bermanfaat bagi kesehatan mata sedangkan vitamin C sangat baik untuk memelihara kondisi tubuh.Bahwa kelor jauh lebih murah dan mudah didapatkan daripada wortel dan jeruk.

Jadi yang sering sariawan bisa menggunakan kelor ini sebagai obat yang murah meriah dan manjur.



Berdasakan sebuah penelitian, daun kelor memiliki kandungan senyawa aktif yang diduga berfungsi sebagai obat, yaitu arginin, leusin, metionin dan beberapa senyawa lain. Dengan kandungan senyawa aktif tersebut menunjukkan daun kelor dapat berfungsi sebagai antidiabet, antioksidan dan antitumor. Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kandungan vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada jeruk, potasium tiga kali lebih banyak daripada pisang, vitamin A empat kali lebih banyak daripada wortel dan mengandung kalsium empat kali lebih banyak daripada kalsium susu.

Kulit akar Pohon Kelor memiliki kandungan minyak terbang. Biji buah kelor atau dalam bahasa jawa biasa di sebut kelentang mengandung minyak behen, dan juga memiliki zat myrosine, emulsine,alkaloida yang berasa pahit tidak beracun, juga meiliki vitamin A,B1,B2 dan Vitamin C pada bagian sel-sel tertentu. Efek farmakologis yang dihasilkan daun kelor adalah Anti skorbut, Anti piretik dan Anti-inflamasi.



Manfaat batang biji daun akar kelor bagi kesehatan

Alergi - Rebus tiga gagang daun kelor, satu siung bawang merah, adas pulasari secukupnya tambahkan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal dua gelas, kemudian disaring dan minum rutin setiap hari.

Cacingan - Rebus tiga gagang daun kelor, satu gagang daun cabai, 1-2 batang meniran dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, saring rebusan air tersebut dan diminum rutin setiap hari.

Herpes, Kurap dan Luka Bernanah - Tujuh gagang daun kelor ditumbuk sampai halus dan tempelkan ke bagian yang luka sebagai obat luar.

Menambah produksi ASI - Daun kelor dapat diberikan kepada ibu menyusui untuk dapat meningkatkan laktasi atau produksi ASI.

Menghilangkan Flek Wajah - Pilih beberapa lembar daun kelor yang masih muda, ditumbuk sehalus mungkin dan gunakan sebagai bedak atau dicampur dengan bedak.

Menurunkan Kolesterol (LDL) - Berdasarkan riset, daun kelor memiliki senyawa tertentu yang dapat mereduksi kandungan lemak dalam darah. Hal ini sama seperti yang kita jumpai dalam obat atenolol.

Mengobati Luka Diabetes - Daun kelor di blender secukupnya
Lukanya di balut perban dulu, setelah itu baru di balur daun kelor yg sudah di blender, soalnya kalau tidak begitu jadi menempel sama lukanya dan susah di bersihkan. Pengobatannya 2x/sehari.

Mencegah Mabuk Di Perjalanan - Supaya tidak mabuk di jalan, silahkan masak sup yang di campur daun kelor, atau bikin rebusan daun kelor yang di rebus dengan sedikit garam biar ada rasa sedikit. Terus minum air dan makan daunnya, Insya Allah tidak mabuk dan efek mabuknya hilang. Sangat efektif menghilangkan mabuk di kapal dan efek perjalan di kapal laut yang kadang masih terasa walau sudah di darat. Begitu di minum, 30 menit kemudian hilang rasa mabuk dan rasa bergoyang setelah di darat.

Obat insomnia dan penyakit syaraf - Zat semacam Valin, secara empiris berfungsi untuk mengurangi gangguan pada syaraf otot, mengobati insomnia, meredakan epilepsi, mempengaruhi keadaan emosional serta mental.

Penghancur Batu Ginjal - Daun kelor dibuat sayur bening, dimakan rutin setiap hari selama kurang lebih satu bulan, batu ginjal akan luruh dan keluar bersama air kencing.

Rabun Ayam - 3 gagang daun kelor Daun kelor ditumbuk halus, diseduh dengan 1 gelas air masak dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan diaduk sampai merata. diminum sebelum tidur.

Rematik, Nyeri dan Pegal Linu - Tumbuk halus dua gagang daun kelor dan setengah sendok makan kapur sirih lalu gosok ke bagian tubuh yang sakit sebagai param.

Sakit Mata - Tumbuk halus tiga gagang daun kelor dan diberi air satu gelas, aduk sampai merata, diamkan sampai ampasnya mengendap dan gunakan airnya sebagai tetes mata.

Sakit Kuning / Liver / Hepatitis - 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata.
Cara menggunakan: diminum, dan dilakukan secara rutin sampai sembuh.

Sukar Buang Air Kecil - 1 sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama. Bahan-bahan tersebut dicampur dan ditambah dengan 1 gelas air, kemudian disaring, dan diminum setiap hari.


Cerita Mistis Tentang Kelor

Galih kelor biasanya tersembunyi ditengah-tengah pohon kelor yang sudah tua. Cara mendapatkannya adalah memotong pohonnya dan membelahnya menjadi 2 dan akan tampak galihnya berwarna coklat kehitaman. Tetapi sulitnya, tidak semua pohon kelor mengandungnya. Galih tersebut, diyakini memiliki kekuatan sbb :
Meredam fitnah dan kebencian orang
Meredam gangguan senjata tajam
Meredam kejahatan manusia
Menjaga kerukunan dalam poligami
Meredam petaka bisnis
Meredam sihir dan senjata ghaib lainnya

Meredam gangguan makhluk halus
Cara mempergunakannya adalah memotong galih tsb kecil dan membuatnya sebagai cincin yang diembani dengan perak.

Daun Kelor- Hingga saat ini masih banyak orang yang sulit untuk melepaskan diri dari belenggu mitos kesaktian daun kelor. Masih banyak ditemui di desa-desa dimana orang percaya bahwa jika ada orang yang sakit dan tergeletak lama namun tidak juga meninggal, maka orang tersebut diduga memiliki kesaktian tertentu yang harus segera dilepas dari tubuhnya. Untuk membantu melepas kesaktiannya biasanya orang tersebut disapu dengan daun kelor hingga akhirnya dapat meninggal dengan tenang. Ketika jasadnya kemudian dimandikan orang tersebut juga disapu lagi dengan daun kelor supaya bersih dari segala mahluk yang masih menempel pada jasadnya.

Batang bersama daun kelor, umumnya digunakan sebagai “alat” untuk melumerkan atau menon-aktifkan “kekuatan magis” seseorang, yaitu dengan cara disapu-sapukan ke bagian muka ataupun dijadikan “alat tidur”, misal seseorang yang tahan terhadap pukulan, bacokan, bahkan tidak mempan oleh terjangan peluru, maka dengan cara disapu-sapukan ke bagian tubuhnya, ataupun dijadikan alas tidurnya, atau ada pula air tanaman kelor disiramkan ke seluruh tubuhnya, maka kekuatan magis tubuhnya akan lumer atau hilang.

Sekian postingan saya tentang Manfaat batang biji daun akar kelor bagi kesehatan, semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat batang biji daun akar kelor bagi kesehatan"

Post a Comment