Arti kosong adalah isi dan isi adalah kosong

Arti kosong adalah isi dan isi adalah kosong -  Pernah mendengar istilah tersebut? Jika dulu pernah menyaksikan serial kera sakti, kata - kata ini sering digunakan oleh Biksu Tong saat mengajar kera sakti. Saat saya pertama mendengar istilah tersebut, tak pernah mengerti makna yang terkandung di dalam kalimat Kosong adalah isi dan isi adalah kosong.


Kosong berarti mengkosongkan hal-hal atau pikiran dari yang selain Allah. Bahkan tanpa berusaha memasukkan pikiran tentang Allah. Benar-benar mengkosongkan khususnya dari hal-hal negatif yang mengotori pikiran seperti niat jahat, iri, dengki, sombong dan sebagainya. Jika pikiran kosong atau kembali murni maka kita akan semakin mudah memahami esensi Illahiah. Hal ini dikarenakan jendela yang digunakan untuk melihat sudah jernih untuk memahami. Pikiran yang digunakan untuk mencerna sudah kosong. Secara otomatis dan khususnya jika diniatkan dari awal untuk mencari Allah maka pikiran yang kosong tersebut akan lebih mudah diisi esensi Illahiah.

Namun sebaliknya, jika pikiran sudah dipenuhi oleh hal-hal lain, khususnya yang selain Allah padahal hal tersebut mungkin ditujukan untuk mencari Allah bisa jadi kita malah akan semakin susah untuk menemukanNya. Ibarat sebuah gelas yang sudah berisi teh penuh, tidak mungkin akan diisi minuman lain tanpa mengkosongkannya terlebih dahulu.

Sebaliknya, "isi adalah kosong". Siapapun yang merasa hebat, merasa pintar, merasa tinggi dsb sejatinya ia kosong. Setiap yang merasa bisa sebenarnya ia tidak memahami hikmah. Dan setiap ada ilmu dan kebijaksanaan yang baru tidak akan bisa masuk meresap dalam hatinya. Tidak peduli ia adalah ustadz, ulama, ketua atau bahkan presiden sekalipun. Yang namanya kesombongan adalah saudara setan, dan tipu daya setan itu sangatlah lemah.

Jangan sampai kesombongan membuatmu binasa. Anda bisa lihat bagaimana ada seorang ustadz yang ngamuk hanya karena ada kesalahan soundsistem. Sehingga yang menangani sound sistem ketika ia ceramah mendapatkan getahnya, yakni dimarahi dan diperlakukan secara tidak bijaksana. Akibatnya dia di "bully" orang lain di internet. Walaupun ia mencoba membersihkan namanya tetap saja reputasinya sebagai seorang penceramah hancur.

kurang lebih begitulah arti kosong adalah isi, isi adalah kosong. Jangan hanya dijadikan bacaan semata praktekkan kan beritahu yang belum tahu.

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti kosong adalah isi dan isi adalah kosong"

Post a Comment