Perbedaan Press Mika dan Laminating

Perbedaan Press Mika dan Laminating - Seringkali kita apabila sesudah melakukan wisuda atau selesai melakukan pendidikan, misalnya pendidikan SD, SMP, SMA dll, pastinya kita telah mendapatkan sebuah ijazah dan sebuah nilai dari hasil belajar kita, itu merupakan sesuatu yang penting dan harus diawetkan tentunya, hehe, nah oleh karena itu ada dua cara yaitu dengan Press Mika atau dengan Laminating, masih bingung dengan keduanya? baca dulu berikut ini biar tidak bingung dan memantapkan hati untuk memilih yang mana.


Laminating : Melapisi barang yg tipis dengan lapisan tebal (keras) pd kedua sisinya.
Sedangkan lapisan yang digunakan untuk melapisi adalah bahan yang terbuat dari plastik, namun plastik yang digunakan adalah plastik khusus (laminasi) yang memiliki perekat pada bagian sisinya. Proses laminasi dilakukan dengan cara melapisi barang dengan plastik laminasi pada kedua sisinya, kemudian dipanaskan pada mesin laminator dengan suhu tinggi >100 derajat. Mesin ini memiliki 2 roler yang akan menggerakkan barang yang akan di-laminasi dan berfungsi menjepit/merekatkan plastik pada barang. Nah hasil proses laminasi ini akan membuat barang yang dilaminasi terlindungi lapisan plastik kaku dan mengkilat sehingga barang / dokumen yang di-laminasi awet dan tahan terhadap kotoran / hal2 yang dapat merusak barang tsb. Namun kekurangannya adalah kita tidak bisa lagi membuka plastik laminasi tsb karena plastik tsb telah merekat kuat pada barang yang di-laminasi, jika dipaksa maka barang akan rusak / sobek.


Press Mika : Meskipun sama-sama menggunakan lapisan plastik, namun tidak menggunakan proses perekatan pada sisi-sisinya, yang direkatkan hanya pada bagian tepi plastiknya saja sehingga jika suatu ketika kita ingin membuka lapisan plastiknya masih bisa dan tidak akan merusak barang yang dibungkus / di-press.

Sekian postingan saya tentang Perbedaan Press Mika dan Laminating, semoga setelah membaca postingan ini bisa menjadi referensi dan memantabkan hati anda untuk memilih yang mana :)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Perbedaan Press Mika dan Laminating"

  1. gan mau tanya ....kalau plastik laminasi dipanaskan dengan mesin laminating apa bisa

    ReplyDelete