Tips Cara Berzikir Dengan Jari Tangan Kanan

Tips Cara Berzikir Dengan Jari Tangan Kanan - Banyak sebagian kaum muslimin setelah shalat fardhu mereka berdzikir dengan kedua tangannya (tangan kan n dan tangan kiri) atau berdzikir dengan menggunakan tasbih (biji-bijian) Seperti ini dahulu Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bertasbih dengan jari kanannya. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh 'Abdullah bin 'Umar radhiyallaahu ta'ala 'anhuma, dia berkata, Silahkan perhatikan contoh foto dibawah ini.




رَأَيْتُ النَّبِيَّ يَعْقِدُ التَّسْبِيْحَ بِيَمِيْنِهِ
"Saya melihat Rasulullah bertasbih (berdzikir) dengan (jari-jari) tangan kanannya." (HR. Abu Dawud, II/81, at-Tirmidzi, V/521, Shahiihul Jami', IV/271, no. 4865)

Penjelasan:
Dalam hadits ini disyari'atkannya bertasbih (berdzikir) dengan jari jemari. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam menerangkan alasannya, antara lain dalam riwayat yang menyebutkan bahwa jari jemari itu akan ditanya dan akan berbicara sebagai saksi bahwa mereka mengetahui hal itu.

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Hitunglah (dzikir) itu dengan ruas-ruas jari karena sesungguhnya (ruas-ruas jari) itu akan ditanya dan akan dijadikan dapat berbicara (pada hari Kiamat)." (HR. Abu Dawud, no. 1345) [Tuhfatul Ahwadzi Syarh Sunan at-Tirmidzi]

Dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuknya Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Tips Cara Berzikir Dengan Jari Tangan Kanan"

  1. Ya...saya juga suka begitu (pakai jari) jika tidak ada tasbih... btw makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  2. sangat membantu sob, bisa di jadikat alternatif pengganti tasbih, thks wat infonya

    ReplyDelete
  3. terimakasih sobat sudah berkenan berbagi pengetahuan...salam :-)

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah udah pernah ane praktekin.
    tp skrng balik ke tasbih lg, biar ada kenang2annya

    ReplyDelete
  5. Saya juga seringnya berdzikir menggunakan ruas jari seperti itu sudah jarang menggunakan tasbih, Subhallah sekali yaaa... dibalik anggota tubuh yang kita miliki ini ada fungsi yang sangat bermanfaat buat kita namun kadang kita tidak menyadarinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups benar sekali, banyak manfaat sekali jika kita bisa menyadarinya

      Delete