Sistem Pemerintahan Indonesia

Sistem Pemerintahan Indonesia - Saat membahas tentang sistem pemerintahan, tidak hanya ada pada negara kita saja, akan tetapi juga ada pada negara-negara lain tentunya, dan saya menjadi ingat dengan pelajaran SMA dahulu dengan guru yang ok punya, guru yang gokil, dan guru yang selalu mengajak muridnya untuk berdiskusi, dan santai dalam proses pembelajaran, santai tetapi serius, bisa disebut sersan (serius tapi santai) ok punya pokoknya, lanjut ke pembahasan. 



Sistem pemerintahan negara dibagi menjadi dua klasifikasi besar, yaitu :

1. Sistem pemerintahan parlementer : Pada umumnya, negara-negara didunia menganut salah satu dari sistem pemerintahan tersebut. Adanya sistem pemerintahan lain dianggap sebagai variasi atau kombinasi dari dua sistem pemerintahan diatas. Negara Inggris dianggap sebagai tipe ideal dari negara yang menganut sistem pemerintahan parlemen. Bahkan, Inggris disebut sebagai Mother of Parliaments (induk parlemen).

Ciri-ciri dari sistem pemerintahan parlementer adalah sebagai berikut:
  1. Parlemen adalah satu-satunya badan yang anggotanya dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum. Kekuasaan besar parlemen meliputi badan perwakilan dan lembaga legislatif.
  2. Anggota parlemen berasal dari partai politik yang mendapatkan kursi dalam pemiihan umum. Semakin besar perolehan partai atau bahkan memenangkan pemilu maka perwakilannya akan semakin banyak di parlemen.
  3. Kabinet terdiri dari para menteri yang dipimpin oleh perdana menteri. Perdana Menteri memegang kekuasaan eksekutif. Sebagian besar anggota kabinet berasal dari parlemen.
  4. Kabinet bertanggung jawab kepada parlemen. Selama parlemen percaya kepada kabinet maka kabinet dapat berumur panjang.
  5. Kepala negara bukanlah kepala pemerintahan. Ia adalah simbol saja dari negara tersebut.
  6. Kepala negara dapat menjatuhkan parlemen dan mengadakan pemilu lagi.
2. Sistem pemerintahan Presidensial : Dalam sistem pemerintahan presidensial, badan eksekutif dan legislatif memiliki kedudukan yang independen. Kedua badan tersebut tidak berhubungan secara langsung seperti dalam sistem pemerintahan parlementer. Mereka dipilih oleh rakyat secara terpisah.

Ciri-ciri dari sistem pemerintahan presidensial adalah sebagai berikut :
  1. Penyelenggara negara berada ditangan presiden. Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden tidak dipilih oleh parlemen, tetapi dipilih langsung oleh rakyat atau suatu dewan majelis.
  2. Kabinet (dewan menteri) dibentuk oleh presiden. Kabinet bertangungjawab kepada presiden dan tidak bertanggung jawab kepada parlemen atau legislatif.
  3. Presiden tidak bertanggungjawab kepada parlemen. Hal itu dikarenakan presiden tidak dipilih oleh parlemen.
  4. Presiden tidak dapat membubarkan parlemen seperti dalam sistem parlementer.
  5. Parlemen memiliki kekuasaan legislatif dan sebagai lembaga perwakilan. Anggota parlemen dipilih oleh rakyat.
  6. Presiden tidak berada dibawah pengawasan langsung parlemen.
Sekian postingan saya tentang Sistem Pemerintahan Indonesia, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sistem Pemerintahan Indonesia"