Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan

Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan
Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan - Daun kecipir yang berwarna gelap dapat dijadikan sebagai obat. Manfaat kecipir dari sisi daunnya bisa digunakan untuk obat pemulih energi / kebugaran tubuh. Manfaat kecipir pada umbinya. Di Indonesia umbi kecipir dapat dijadikan sebagi obat sariawan dengan cara ditambah gula batu.

Manfaat kecipir juga terdapat pada lemaknya. Selain protein, lemak biji kecipir relatif tinggi sekitar 15-20 %. Sekitar 71 % nya merupakan asam lemak tidak jenuh, terutama asam linoleat, Asam linoleat merupakan asam lemak tidak jenuh omega 6. Asam lemak omega 6 ( dari biji-bijian ) dan omega 3 ( ikan laut ) dibutuhkan untuk kesehatan tubuh yang prima. Lemak dalam kecipir terdiri atas asam lemak tak jenuh yang bermanfaat menurunkan kadar total kolesterol. Sementara lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol adalah lemak jenuh yang banyak terdapat pada daging. Lemak tak jenuh mampu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL. LDL disebut kolesterol jahat karena dapat menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah, LDL merupakan pembawa kolesterol terbanyak, yaitu kurang lebih 60 persen dari total plasma , HDL disebut kolesterol baik, HDL dapat membersihkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali ke hati.

Oleh masyarakat Arab, Pakistan dan China , mereka mengambil manfaat kecipir dari biji-bijiannya. Biji kecipir dapat dijadikan obat tradisional yaitu untuk kesehatan kulit, pelangsing tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan"

Post a Comment