Update Google PageRank

Apa itu google pagerank?

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Cara kerja

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Konsep

Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Algoritma

Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah:
Algoritma awal
PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Salah satu algoritma lain yang dipublikasikan
PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
PR(A) adalah Pagerank halaman A
PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google)
Dari algoritma di atas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web. Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat.

Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”.

Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A.

Random surfer model

Random surfer model merupakan pendekatan yang menggambarkan bagaimana sesungguhnya yang dilakukan seorang pengunjung di depan sebuah halaman web. Ini berarti peluang atau probabilitas seorang user mengklik sebuah link sebanding dengan jumlah link yang ada pada halaman tersebut. Pendekatan ini yang digunakan pagerank sehingga pagerank dari link masuk (inbound link) tidak langsung didistribusikan ke halaman yang dituju, melainkan dibagi dengan jumlah link keluar (outbound link) yang ada pada halaman tersebut. Rasanya semua juga menganggap ini adil. Karena bisa anda bayangkan apa jadinya jika sebuah halaman dengan rangking tinggi mengacu ke banyak halaman, mungkin teknologi pagerank tidak akan relevan digunakan.

Metode ini juga memiliki pendekatan bahwa seorang user tidak akan mengklik semua link yang ada pada sebuah halaman web. Oleh karena itu pagerank menggunakan damping factor untuk mereduksi nilai pagerank yang didistribusikan sebuah halaman ke halaman lain. Probabilitas seorang user terus mengkilk semua link yang ada pada sebuah halaman ditentukan oleh nilai damping factor (d) yang bernilai antara 0 sampai 1. Nilai damping factor yang tinggi berarti seorang user akan lebih banyak mengklik sebuah halaman sampai dia berpindah ke halaman lain. Setelah user berpindah halaman maka probabilitas diimplemntasikan ke dalam algoritma pagerank sebagai konstanta (1-d) . Dengan mengeluarkan variable inbound link (link masuk), maka kemungkinan seorang user untuk berpindah ke halaman lain adalah (1-d), hal ini akan membuat pagerank selalu berada pada nilai minimum.

Dalam algoritma pagerank yang lain, terdapat nilai N yang merupakan jumlah keseluruhan halaman web, jadi seorang user memiliki probabilitas mengunjungi sebuah halaman dibagi dengan total jumlah halaman yang ada. Sebagai contoh, jika sebuah halaman memiliki pagerank 2 dan total halaman web 100 maka dalam seratus kali kunjungan dia mengunjungi halaman itu sebanyak 2 kali (catatan, ini adalah probabilitas).

Dikutip dari (http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank)

Nah buat yang dapat pagerank selamat atas pagerank yang telah didapatkan, Selamat juga buat saya karena dari update an pagerank kemaren pagerank saya tidak naik, yaitu tetep 2, dan sekarang juga tetap dua :)

Subscribe to receive free email updates:

93 Responses to "Update Google PageRank"

  1. KY juga sudah letak di blog..thanks

    ReplyDelete
  2. wah pagerank saya masih nol :/ hehehe

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. huuh iya sob lagi gencar gencarnya wkwkw

      Delete
  4. baru tau kalo Google update PR
    makasih gan infonya

    salam kenal n sekalian izin follow ya
    follow back jika berkenan

    ReplyDelete
  5. PR blogku yg sinichinet juga tetep 2, Herman kun.. nggak nambah T.T

    tp yg blog thobil dapat PR 1 :D

    ReplyDelete
  6. saya kapan ya dapat pagerank, sekarang ini masih 0 ...

    ReplyDelete
  7. ternyata gitu ya sob cara kerjanya Pangerank...hehehe

    blog baru saya juga dpt bagian PR dari mbah google..hehehe

    ReplyDelete
  8. wahh... ada update ya, baru tau untung aja mampir kesini, hehe...

    ReplyDelete
  9. belum mengerti seperti ini saya sob,tp saya mencoba untuk mempelajarinya,sob link sobat udah saya pasang dan blog sobat udah Q follow 227,di tunggu follbacknya ea.terima kasih

    ReplyDelete
  10. Terima kasih Informasinya mas herman
    sangat berguna sekali dan menambah pengetahuan
    terima kasih

    ReplyDelete
  11. Selamat mas ... PR blog saya nambah sekarang.. setelah lama berkutat di angka 1, sekarang naik kelas jadi 2... padahal domain masih baru ini.. but .. amin deh karena udah nambah ...

    ReplyDelete
  12. welehhh.. saiia justru baru tau nii.. jadi penasaran.. makasii kang.. saiia meluncur dulu iia ;)

    ReplyDelete
  13. saya bingung -_- .. tapi udah dapet alhamdulilah :D
    .

    ReplyDelete
  14. Ikut nyimak mas bro,,rumit juga yah,atau otaku wae seng error kali yeh hahaha

    ReplyDelete
  15. Saya mendapatkan PR 1 sob.heheheh.
    lumayan

    ReplyDelete
  16. wow jadi gitu ceritaya :) makasih ya sob atas infonya .. !! salam sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sobat, suskes juga buat sobat

      Delete
  17. Saya dapat PR 2 nih sob,,,blog ini juga PR 2 yah,,selamat ya sob :)

    ReplyDelete
  18. punyaku dari dulu sampe sekarang tetep aja page rank nya cuma 1 xixiiiiiii .... tpi gak apalah yg penting msh bisa diindex sama google ... :)

    ReplyDelete
  19. punya ku tetap 1
    kapan ya jadi 2,.
    hhehhe.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga takt au sob, aku juga tetep ew haha

      Delete
  20. Wow makasih sob infonya. O iya sekedar masukan masih ada tulisan [sunting] di bagian awal.

    ReplyDelete
  21. wah selamat buat yg blognya naik pr

    ReplyDelete
  22. wah saya belum cek sob, mungkin juga masih 1 wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sama kaya aku juga tidak naik sob

      Delete
  23. Hehehe Aku dapet PR 2 sobat, yang mulanya 0/10 sekarang menjadi 2/10 .. :D

    ReplyDelete
  24. hehe aku sih paling masih 0 soalny blog baru :D

    oia, silakan tinggalkan jejak di tab absen ya sob, biar mudah blogwalkingnya :D karna berhubung form komentarnya lagi ditutup :D

    ReplyDelete
  25. waahhh udah dapat GP berikutnya ya bang... mantap ahh.. selamat deh buat bang herman...

    ReplyDelete
  26. wah enak yang udah dapat page rank saya baru mau mulai ni,

    mohon bimbingannya sobat,

    oh ya sudah saya follow blognya , follow balik ya sob

    ReplyDelete
  27. pokonya sukses kawan
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sobat, makasih juga atas kunjunganya ya

      Delete
  28. Wah infonya bermanfaat...
    PR blog saya keajaiban
    Blog saya adityareinaldo.com yang masih berusia 2 bulan 23 hari mulanya PR 0
    Tiba-tiba pas update PR langsung dapet PR 2
    Jadi seneng aku... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah manteb tuh karena pakai domain com sob

      Delete
  29. masuk kesini lagi nih.. :D wah blognya ada 2 :D yg host blogger sama host price :D ok sob ;D

    ReplyDelete
  30. Wah, punya saya masih konsisten di PR1 nih, moga moga aja bisa jadi Page 1, wkakakakak

    ReplyDelete
  31. hehe, sama donk kayak saya mas Herman, ttp duaaaa.....

    ReplyDelete
  32. wah lumayan punyaku masih tetep 1. hehe

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  34. alhamdulillah ane dapat pr 2 hehehee

    ReplyDelete
  35. Terimakasih atas infonya Gan,di Update pagerank kali ini saya kena hantaman Mbah Google,dan bogeman mentah turunnya PR blog saya,Untuk kawan -kawan yang ingin berbagi silahkan anda tinggalkan komentar di blog saya untuk sarannya. MAs Herman Tulungagung sebelah mana Nich..mau belajar kesitu donk...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sobat, wah sabar ya sob, boleh aja sob, contact admin aja :)

      Delete
  36. Syukur saya dapet PR 2 sob.. Thx atas infonya sob..

    ReplyDelete
  37. wah bagus sob penjelasannya makasih ya saya masih baru di dunia blogger nih

    ReplyDelete
  38. keren sob artikelnya, tapi sayang blog saya kayak ada kendala gitu sob mau dapt pagerank, tdk tau apa kendalnya , , huuhh sedihh

    ReplyDelete
  39. enaknya yg sudah dapat pagerank, huhu kalo blog saya banyak kendalanya kyknya hehe tak apalah hehe

    ReplyDelete
  40. Wah,, walaupun blog aku baru 1 bulan, dikasih pagerank 4 sama google gan :), bersyukur banget deh gan.. terima kasih ya atas infonya gan,,

    ReplyDelete
  41. Masalah penentuan Page Rank memang agak rumit yah sob,biarpun kurang faham yang penting saya tetap ngeblog untuk membangun kreatifitas dan mencari kawan.Update PR kali ini banyak yang mengejutkan,terutama pakar SEO kaget dengan blog baru yang awam SEO tapi dapat PR tinggi.Terima kasih infonya kawan.

    ReplyDelete