Manfaat donor darah



Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh kita.

Darah merupakan materi biologis dalam jumlah yang terbatas dan belum dapat disintesis di luar tubuh. Di luar tubuh manusia, darah merupakan materi biologis yang labil.

"Setiap pendonor darah adalah pahlawan. Kebutuhan darah memang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia betapa pentingnya," tutur Nafsiah pada

Manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh kita:

1.Mendapatkan kesehatan psikologis
Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada sahabat kita yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.

2.Meningkatkan produksi sell darah merah
Melalui proses donor darah, sel darah merah akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk mengganti sel darah merah yang telah dikeluarkan tersebut, tubuh akan memproduksi sel darah merah baru. Ini membuat darah di dalam tubuh anda lebih segar, dan anda akan merasa lebih bugar. Lakukan proses ini hingga beberapa kali dan rasakan manfaatnya.

3.Melawan hemochromatosis
hemochromatosis adalah penyakit genetis, merupakan kondisi di mana zat besi dalam tubuh berada dalam level sanagt tinggi akibat metabolisme yang tidak wajar. Kelebihan zat besi sedikit saja bisa mempengaruhi fungsi tubuh, apalagi kelebihan dalam jumlah sangat besar. Ini bisa menimbulkan kerusakan fatal pada organ-organ tubuh. Kondisi ini memang jarang terjadi pada, namun penderita bisa mengurangi dampak dari penyakit ini dengan rutin melakukan donor darah. Walaupun penyakit ini berbahaya pagi penderita, namun tidak bagi penerima darahnya.

4.Membakar kalori dalam tubuh
Donor darah bisa menjadi media untuk menurunkan berat badan. Tahukah anda bahwa dengan mendonorkan 450ml darah kita, bisa membakar hingga 650 kalori dalam tubuh?

5.Mendeteksi penyakit serius
Tiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa terlebih dahulu sehingga kita bisa mengetahui apakah kita memiliki penyakit serius atau tidak seperti HIV, hepatitis, siphilis, malaria. Bagi yang menerima darah, ini adalah informasi penting agar tidak tertular penyakit serius tersebut. Sedangkan untuk si pendonor, ini adalah RAMBU PERINGATAN agar kita lebih mencintai tubuh kita sendiri.

6.Mengurangi resiko penyakit jantung
Penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar zat besi di dalam tubuh, akan memicu timbulnya penyakit jantung. Zat besi terlibat di dalam proses pembakaran kolesterol, dan ini bisa menggangu fungsi pembuluh arteri. Melakukan donor darah akan mengurangi akumulasi zat besi dalam tubuh. Ini secara tidak langsung akan membuat tubuh anda lebih sehat dan bugar. Jika anda rutin melakukannya, donor darah bisa mengurangi resiko panyakit jantung hingga 30%.

Subscribe to receive free email updates:

44 Responses to "Manfaat donor darah"

  1. Dan tergolong beramal ya sob... :108

    gak ada yg bs disenggol nih gan?

    ReplyDelete
  2. saya baru tau yg no 4 tu..
    sebelum ni pernah ferma farah juga..tapi sufah lama juga masa di sekolah dulu2

    ReplyDelete
  3. Ane selalu ada niatan untuk donor darah gan, tapi prakteknya belum kesampaian

    ReplyDelete
  4. mulia sangat sob jika kita bisa donor darah kita..

    ReplyDelete
  5. wah banyak juga ya sob manfaatnya,
    tp aq blm pernah donor sob,,liat jarumnya aja sudah ngeri..hehehe

    ReplyDelete
  6. Tapi ane serem sama namanya jarum suntik gan :110

    ReplyDelete
  7. kita dapat membantu orang yang membutuhkan dengan tindakan kecil ini sob, mantep :101

    ReplyDelete
  8. sangat sangat bermanpaat memenag Gan....!!!

    ReplyDelete
  9. Err..nur tak pernah derma darah..
    sebab takut...huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jangan takut cik nur, tidak sakit kok

      Delete
  10. Ada banyak juga ya sob manfaatnya, nice post sobat :119

    ReplyDelete
  11. wihh,, tkut sob,,,

    liat darah aja gwa mau muntah apalgi mau donor,,
    :111

    tpi donor memank suatu peruatan yg mulia ya sob :146

    ReplyDelete
    Replies
    1. huuh iya sob, ya kalau donor di tutup aja matanya sob :)

      Delete
  12. kehabisn kata2 cuma bisa bilang... :146 sippp dah...

    ReplyDelete
  13. sugeng wengi lur, postinge jeb, aku numpang promo iki.

    ReplyDelete
  14. Seph gan, tapi juga harus diperhatikan syarat2 donor drah gan :)

    ReplyDelete
  15. salam herman bagus
    Terimas sharing info yg bgus. Jempol dari tirana aduka,

    Jemput mampir jika ada kelapangan.thanks

    ReplyDelete
  16. :112 wahhh boleh juga nih manfaatnya.. dari skrang ane akan donor darah ah.... tapi tunggu ada yang membutuhkan.... :108

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah kok gitu, donor aja sob, pasti ada yang membutuhkan.

      Delete
  17. artikel yang mantab gan :104

    ReplyDelete
  18. Sangat bermanfaat sekali sobb.. :121
    Thx yaa....

    ReplyDelete
  19. memang bermanfaat tu sob, suatu saat kita bisa saja jadi orang yg membutuhkan donor darah!

    ReplyDelete
  20. bner bget itu sob,sama prcis sperti yg udah prnah pemandu donor darah saranin..

    ReplyDelete
  21. Ternyata banyak juga manfaat dari donor darah ya?
    Dulu pas jaman masih sekolah pernah tuh donor darah pi sekarang nggak pernah lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak sob, ya donor lagi sob :)

      Delete
  22. Memang donor darah banyak manfaatnya sob,,tapi saya sangat ngeri prosesnya.. :140

    ReplyDelete