Manfaat Shalat Tahajud



Shalat tahajjud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari sesudah tidur walaupun tidurnya hanya sebentar saja. Jadi apabila shalat tersebut dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka bukan dinamakan sebagai shalat tahajjud.

Shalat Tahajjud meskipun hukumnya hanya shalat sunnah, tapi sangat dianjurkan dalam agama islam. Sebagaimana Firman Allah SWT yang artinya :

“Hendaklah Engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk Shalat Tahajjud, sebagaimana shalat sunnat untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang terpuji” (Al-Isra’ : 75)

Tata Cara Shalat Tahajjud

Mengenai rakaat Shalat Tahajjud, sekurang-kurangnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat. Sedang waktu Shalat Tahajjud dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut :
Sepertiga malam yang pertama dari sekitar pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB saat utama.
Sepertiga malam yang kedua dari sekitar pukul 22.00 WIB hingga 01.00 WIB saat lebih utama.
Sepertiga malam yang ketiga dari sekitar pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB saat paling utama.

Sedangkan cara (Kaifiat) mengerjakan Shalat Tahajjud yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dua-dua.” (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim)

Manfaat Shalat Tahajjud

Berbicara tentang keutamaan shalat Tahajud, Rasulullah SAW pada suatu hari pernah bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat”.

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan di akhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyeberangi jembatan Shirathal Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Demikian tulisan kali ini yang membahas beberapa manfaat, keutamaan, tata cara dan bacaan dalam shalat tahajjud, semoga dapat bermanfaat agar kita dapat menjadi manusia yang lebih baik. Salam dan selamat membaca Manfaat Shalat Tahajud.

Referensi : http://www.azamku.com/manfaat-shalat-tahajud.html

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Manfaat Shalat Tahajud"

  1. good post sob..

    tugas pagi sukses :104

    ReplyDelete
  2. subhanallah... lau sudah shalat tahajud... terasa lebih tenang lagi.. :128

    ReplyDelete
  3. paling afdal solat tahajut ini sekitar manusia sedang enak di ulit mimpi..

    1-4 pagi....

    info yg bagus herman...

    ReplyDelete
  4. waduh saya jarang ngelakuin mas :'(

    soalnya sudah tidur lelap jam segitu, mana manfaatnya banyak lagi :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maka dari itu sob, mulai sekarang solat tahajud :)

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

      Delete
  6. bener kak, mangkanya gtu, biasanya yg bnyk manfaatnya jrg yg nglakuin, seperti yg mudah aja, sholat subuh.. toh banyak yg masih molor, padahal bangun pagi juga udah bermanfaat banget, apa lagi sholat subuh, sebelumnya mandi dulu.. wihh seger, dan mendptkn bnyk manfaat.

    ReplyDelete
  7. wah kalau yg saya tau shalat tahajud itu bisa di laksanakan sbelum tidur sob,,,
    "Tidur terlebih dahulu adalah anjuran, bukan keharusan, karena waktu utama tahajjud adalah 1/3 terakhir malam agar kita tidak mengantuk dan kepayahan. Namun, semampu kita, tidur ataupun tidak tidur terlebih dahulu, shalat malam adalah ibadah yang sangat direkomendasikan karena banyak sekali keutamaannya.(sumber : http://indonesian.iloveallaah.com/shalat-malam-tahajjud-apakah-harus-tidur-dahulu/)"

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah gitu ya sob, makasih banyak nih atas masukannya :)

      Delete
  8. Nyimak aja sob, hehhehe :101


    Tugas Sore sukses sob, liong :D

    ReplyDelete
  9. manteb bos, btw yang nulis dah mraktekin lum wkwkwkwkwkwkw, core aja mbah...

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Artikel yang sangat bermanfaat kak :), sama kalo bikin kota penulis kaya yang punya kakak gimana tuh? hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sobat, itu sudah ada tutornya sobat :) judulnya kotak admin

      Delete
  12. saya jarang bangun kalau tengah malam, jadi susah deh buat sholat tahajjud.. tapi mau saya usahakan buat sholat tahajjud.. karena sholat tahajjud besar manfaat'nya..

    Tugas beres sob.. :105

    ReplyDelete
  13. Wah, untuk subuh aja susah gan..
    Huft..

    ReplyDelete
  14. baner sekali mas. kalau shalat tahajud itu banyak manfaatnya.

    nice info mas.

    ReplyDelete