Bahaya Mengganti Domain BLogspot Dari Blogger Ke Domain Com dan Domain Lain


Bahaya mengganti domain blogspot ke dot com
Bagi seorang blogger, mempunyai domain sendiri adalah suatu impian dan kebanggaan khusus untuknya. Selain itu, para pembaca blog juga akan menganggap blog yang memiliki custom domain akan terlihat lebih professional. Sedangkan bagi pemasang iklan yang akan memasang iklan mereka pada blog yang mempunyai custom domain juga akan lebih tergiur dibandingkan saat kita masih menggunakan nama domain blogspot yang notabene gratis tersebut. Tapi apakah kamu tau resiko merubah domain blogspot ke custom domain ? Lalu bagaimana cara mengatasinya jika alexa dan pagerank turun ?

Untuk lebih jelasnya, maka perhatikan baik-baik tips mengatasi resiko merubah domain blogspot ke custom domain berikut.

Resiko Memindahkan Sub-domain Blogspot Ke Custom Domain

Me-redirect suatu alamat web atau blog tentu saja memiliki beberapa resiko karena blog kita akan dianggap sebagai blog baru oleh search engine. Dibawah ini beberapa resiko yang akan dialami blogger ketika memindahkan blog nya ke custom domain.

1. Penurunan alexa rank dan Google pagerank (Sementara)

Meredirect sub-domain blogspot ke custom domain tentu akan membuat blog kita seperti sebuah blog baru. Penurunan alexa rank dan Google pagerank tentu saja sudah menjadi sebuah resiko yang harus ditanggung ketika kita memindahkan alamat blog kita ke domain baru. Namun permasalahan ini hanya bersifat sementara karena alexa rank dan pagerank kita akan kembali seperti semula secara bertahap. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1-3 bulan untuk kembali ke kondisi semula.

2. Penurunan kecepatan peng-index-an Search Engine (Sementara)

Dengan menurunnya Google pagerank tentu akan berpengaruh juga kepada kecepatan pengindexan search engine. Sebagai contoh, postingan terbaru blog ini baru terindex di search engine setelah 2-3 hari setelah tanggal postingan di publish, hal ini sangat berbeda jauh dengan kecepatan pengindexan sebelum blog ini saya pindahkan ke custom domain, postingan terbaru hanya membutuhkan waktu 1-2 menit untuk terindex di search engine. Permasalahan ini akan kembali seperti semula seiring perkembangan pagerank dan alexa rank blog kita.

3. Kehilangan pembaca melalui Feed (Permanent)

Merubah URL blog tentu saja akan merubah alamat feed blog kita, dengan kata lain kita akan kehilangan pembaca yang telah berlangganan artikel melalui alamat feed blog kita yang lama.

4. Penurunan jumlah pengunjung (Sementara)

Pada saat perubahan sub-domain lama ke domain baru, google secara bertahap akan berusaha memindahkan alamat blog lama ke alamat blog baru, hal ini disebabkan blogspot menggunakan fitur redirect 301 (permanet redirect) ketika kita memasukkan alamat domain baru kita di settingan blogspot. Jumlah halaman blog lama kita yang telah terindex di search engine akan dihapus secara bertahap dan di index ulang ke alamat domain baru. Masa-masa transisi pengindexan google ini lah yang akan menyebabkan pengunjung blog kita menurun untuk sementara.

5. Setiap Tahun Kita Harus Mengeluarkan biaya untuk perpanjangan Domain tersebut, misal com, net, org dll, kalau domain gratis resiko diblokir, ataupun sulit perpanjangan.

Ya Daripada Semua Itu Terjadi, Domain Hermanbagus.com saya kembalikan Ke semula Hermanbagus.blogspot.com :)


Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Bahaya Mengganti Domain BLogspot Dari Blogger Ke Domain Com dan Domain Lain"

  1. emmm yang aku tau domain.com adalah sangat SEO friendly

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Juga Sih sob, Tapi Kan tiap orang beda beda, bagi yang mampu biayain ada uang lebih untuk perpanjangan domain ya okelah, kalau yang g mampu ya kacian kacian kacian hehehe

      Delete
  2. wah untung sifatnya cuma kehilangan sementara, coba klo permanen takut juga mau ngerubah domain nih...
    thx infonya, mampir ya ke blog ane...
    Artikel Internet Online
    oh iya blog nya dah sya follow, klo berkenan follow balik ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK Sob trimaasih :) ya smentara tapi buat trafic ranknya 0 sampai kurang lebih 3 bulan an

      Delete
  3. Paling enak juga tetap yg gratis,intinya begitu.haha sob add fb q ya herlambang eko putra

    ReplyDelete
  4. domain .com hanya dns aja kok mas saya pernah coba rss / masukkan alamt blogspot kita yg lama dia otomatis menuju ke .com kita ,jdi sya rasa ga ada yg perlu ditakutkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gitu ya sob, makasih infonya dan salam kenal.

      Delete
  5. Saya juga mengalami apa yang mas katakan dari artikel di atas, tapi itu kan sifatnya sementara ya mas, salam kenal dan Terima kasih atas bantuan dari artikelnya mas, saya jadi paham dan mengerti.

    ReplyDelete